Komunitas Pecinta Damai

Raden Mas Lholho' X

Mengatasi Sendiri Blackberry Yang Hang


Akan sangat menyebalkan apabila disaat penting Blackberry kita mengalami masalah salah satunya adalah kinerja handheld menjadi lambat bahkan hang. Biasanya tanda-tanda dari BB yang mulai bermasalah adalah muncul jam pasir yang menandakan sistem pada BB sedang mengolah data. Ada pula tanda dimana kinerja BB yang terus melambat bahkan terhenti secara tiba-tiba hingga tidak bisa diakses.

Beberapa hal tersebut di atas biasanya terjadi karena kapasitas memori internal dari BB yang berkurang karena terbagi oleh aplikasi yang lainnya atau sistem operasi BB yang perlu diperbaharui. Sebenarnya hal tersebut bisa saja Anda atasi sendiri untuk pertolongan pertama pada BB Anda, untuk mengetahuinya ada baiknya Anda simak beberapa cara berikut ini:

Soft Reset

Cara ini biasanya dilakukan apabila ingin menutup aplikasi yang menyerap memori internal terlalu banyak atau membersihkan device blog. Cara untuk soft reset adalah dengan menekan tombol Alt + Capslock Kanan + Delete secara berbarengan.

Hard Reset

Apabila terjadi masalah pada jaringan, software atau bahkan hardware device hard reset perlu dilakukan. Caranya adalah dengan melepas baterai selama 30 detik lalu dipasang kembali. Hard reset akan lebih efektif ketimbang soft reset dalam mengembalikan kapasitas memori eksternal secara maksimal.

Update OS

Sebelum melakukan update OS sebelumnya Anda perlu memastikan OS berapa yang Anda gunakan. Untuk memriksa masuk ke Options dari homescreen, lalu klik About. Anda juga bisa menekan tombol shortcut dengan menekan tombol Alt + Capslock + H bersama-sama. Setelah mengetahui OS yang sedang digunakan, selanjutnya Anda bisa mengunjungi situs-situs khusus tentang Blackberry dan lakukan update OS dengan menggunakan Blackberry Desktop Manager.

Regards

Januari 7, 2010 - Posted by | Hanphone, Tip's Dan Trik | ,

37 Komentar »

  1. saya pengguna bb onyx. bb saya memory internalnya berkurang terus padahal kaga instal app baru.saya sempat bawa ke servis resminya uda di update 2x masih saja turun.kira2 apa masalahnya y?dan bagaimana mengatasinya?

    Komentar oleh denny | Oktober 17, 2010 | Balas

    • bagaiman klo bbnya di restart, apakh memorinya bisa bertambah lagi.

      Komentar oleh lholhox | November 1, 2010 | Balas

  2. saya pengguna bb gemini
    saya sudah beberapa kali menemui masalah keypad ny yg kadang2 hank seperti salah satu dr hurufny itu tdk mau keluar ktika d pencet…. bagaimana cara mengembalikanny seperti semula dan bagaimana caranya supa tdk hank lg…. thx d bls y
    butuh bgt info ini

    Komentar oleh andrew | November 25, 2010 | Balas

  3. BB qu kok tiap kali upload foto selalu hang.,gmn cara ngatasinx thu..,
    tq

    Komentar oleh inda | Januari 18, 2011 | Balas

  4. saya pemilik bb gemini wkt saya pake napa bb saya panas terus di layar nya wkt saya restart ud gk bisa di aktif kan lagi?

    Komentar oleh venessa | Januari 21, 2011 | Balas

  5. bb saya abis sy install aplikasi , abis itu saya reboot setelah nyala kenapa bb saya malah hang ? trus ga bisa di apa2in . padahal sudah sy coba restart berkali”
    gmn cara ngatasinnya ?

    Komentar oleh ika | April 10, 2011 | Balas

  6. thanks atas infonya

    Komentar oleh cool | Mei 22, 2011 | Balas

    • sama-sama

      Komentar oleh lholhox | Juli 31, 2011 | Balas

  7. Saya baru bli bb onyx kok baru tak ganti tema langsung hang
    bagaimana solusinya ya?

    Komentar oleh wiweka | September 5, 2011 | Balas

  8. knpa bb saya klo stiap x saya chating ad sms msuk trus hp saya hang tiba2 mohon jwbn nya??

    Komentar oleh hendy | Oktober 31, 2011 | Balas

  9. bb saya storm1 suatu saat bb saya nge hang biasa’y sya cabut btre psang lagi lngsung bisa tp entah knpa kmrin pas nge hang saya cbut btre trus pasang lgi mlah ga bsa hidup lgi bb’y yg ada hanya lampu LED berkedip cepat
    ini kenapa ya ?
    apa ada cara untuk bkin normal kembali tnpa hrus di bwa ke service center ?
    klo ada tlong beritahu saya via email ke ringgomaulana@yahoo.co.id
    terima kasih
    thanks alot

    Komentar oleh ringgo maulana | November 17, 2011 | Balas

  10. bb saya habis di chas tapi kok keluar jam terus..?ga bisa di exit kenapa ya?tolong balas yaa

    Komentar oleh refopramudhito | Januari 8, 2012 | Balas

  11. Thanks informasinya. Maklum, punya bb tp blm tau info ini

    Komentar oleh baitussalam | Februari 21, 2012 | Balas

  12. saya pengguna bb curve 3g. kenapa kalau di lock, pas mau dinyalain, layarnya gabisa nyala? trs udh 2 hr ini bb saya nge-lag terus, nge hang terus. udh saya coba buat nge reeboot tp msh aja begitu

    Komentar oleh Hanna | Maret 13, 2012 | Balas

  13. BB saya gemini, kalo habis lepas pasang batre kok nge hang ya,….
    ga bisa dipake,….
    tolong penjelasannya,….

    Komentar oleh nururrohman | Maret 27, 2012 | Balas

  14. BBq bru seminggu di pkai udah hang, pdahal sya udah buat sperti yg diinstruksikan… tpi knapa jga stelah di p’baiki BBMq dan FBq nda bsa kebuka katanya pindah layanan maksudnya apa itu???

    Komentar oleh yheza | April 19, 2012 | Balas

  15. sya pux bb dakota 9900 klo di daftar di *363# langsung hang gk bisa di pake lagi nanti cabut baterai kmbali baru bisa,
    Tolong solusix bro…………..

    Komentar oleh taslim maqfirah | September 11, 2012 | Balas

    • Pin brp? Masalahnya sama dg yg sy alami. Apakah udh dpt solusinya? Mohon share.

      Komentar oleh fahmy | September 1, 2013 | Balas

  16. BBq ga bisa terima SMS padahal kalau kirim bisa bb curve

    Komentar oleh Mush | Oktober 4, 2012 | Balas

  17. bb saya hang, hang nyaini sampai setiap tombol yg saya tekan tidak berespon, sudah cabut batrai pun ntar malah jd ga ngerespon gitu juga,, lalu saya perbaiki tmpt bb nya, sudah normal kembali, tapi memori eksternal saya malah jadi tidak terbaca, kata tukang servicenya mungkin ada gangguan di conector memory,
    apakah ada hubungannya bb hang dengan conector memory? dan apa saja yang menyebabkan gangguan pda conector memory??

    Komentar oleh rahma | Oktober 15, 2012 | Balas

  18. cb update firmware nya gan ..usahain download yg official ..

    Komentar oleh inok | Oktober 27, 2012 | Balas

  19. saya punya bb 8830 dia hang seperti restart terus dan ga bisa aktf lagi hanya muncul jam pasir dan blur putih,, selalu mengulang terus tanpa bisa masuk sama sekali ke menu. jadi sperti hp mati.. sering bgt seh seperti ini ketika saya invite orng kebanyakan slalu begini.. saya biasa langsung instal os ulang.. adakah cara lain tanpa harus instal ulang.. saya coba alt+caps dan dell tetep ga ngaruh.. gimana yah

    Komentar oleh dhani | November 18, 2012 | Balas

  20. strom 9550 odin serig jatuh trus timbul device error 370 di resset ulang sendiri lewat komputer C:–>program file –> common file –> Research In Motion tidak berhasil terus

    Komentar oleh fitri | Desember 14, 2012 | Balas

  21. saya pengguna bb gemini
    bb saya hang. hang nya muncul tulisan “uouououououououo”
    bagaimana cara mengatasinya? padahal saya sudah ganti keytune

    Komentar oleh theresia | Desember 23, 2012 | Balas

  22. tolong… bb aku rusak baru satu minggu:(( aku dimarahin. tolong bagaimana:(((((((((((( :'( kumohonn

    Komentar oleh anone | Januari 10, 2013 | Balas

  23. bbku curve 3g 9300 tapi kok tiap update status gak kebaca ma bb temenku,,jadi statusnya masih itu-itu trus padahal dah tak ganti.

    Komentar oleh jessi | Februari 14, 2013 | Balas

  24. bos saya bru hang hp torch2 pas restart gak masuk sdisplay mulu mandeug di blackberry

    Komentar oleh taufan | Februari 22, 2013 | Balas

  25. bb saya sering banget hang kalo banyak yg bbm n inbox fb…
    n akhirnya tombol -tombolnya pada gak berfungsi..mksh

    Komentar oleh sarah | April 15, 2013 | Balas

  26. saya pengguna BB gemini,,,browser ku tidak mau kebuka
    mohon solusinya

    Komentar oleh doni aria | Mei 15, 2013 | Balas

  27. Kalo yg saya abis browsing/download suka kadang ada jam pasir knapa y?

    Komentar oleh Sahrul | Mei 17, 2013 | Balas

  28. BB aku sering mati hidup trus sering timbul jam pasir klw udah hidup kembali………………

    Komentar oleh Ardhy | Juni 13, 2013 | Balas

  29. BB curvre 8520 ini mati cuma Led aja yang hidup.. ketika di charger hidup muncul ” error device 370″
    itu gimana gan cara mengatasi nya…
    kirim jawaban via email khairilazmi864@yahoo.co.id

    Komentar oleh KHAIRIL AZMI | Juni 18, 2013 | Balas

  30. sya pngguna bb curve 9300, sya mau tnya gimna solusinya buat ngtasi masalah loading sngat lama saat merestart dan pda saat msuk home screen malah mncul jam pasitr? mohon bantuan sarany di krm lwt email aja di regina.kapoyos@yahoo.com tks.

    Komentar oleh regina9402 | Juli 1, 2013 | Balas

  31. BB saya kan di pakai password nah pas mau nulis passwordnya itu udah sampai blackberry jadi ga bisa nulis lagi..
    pas saya ketik di keypay “a” malah jadi tulisan uo kenapa ya?? TOLONG DIBALAS ><

    Komentar oleh iodifijarmaulana | Juli 11, 2013 | Balas

  32. saya mau tanya, saya pengguna bb gemini,,kenapa yahh…saat saya mau restart bb saya tiba-tiba waktu sedang prosesnya ehh berhenti sendiri…setelah itu restartnya sudah tidak berjalan lagi..gimana tuhh cara memperbaikinya? terus apa sebabnya?

    Komentar oleh vania | September 2, 2013 | Balas

  33. saya menggunakan blackberry onyx 1, permaslah pada ponsel say yaitu: layar pada bb saya hidup, tetapi semua tombol tidak bisa di gunakan/berfungsi, otomatis saya tidak bisa menggunakan ponsel saya, awal gejalanya, mulai muncul jam pasir, terus kinerja bb semakin lemot. tolong dibantu gan. terima kasih

    Komentar oleh oyie widjaya | Maret 5, 2014 | Balas

  34. saya pengguna bb dakota bold 9900 setiap mau ketik ap aj selalu keluar gambar jam nya tlng pecahin masalahnya y

    Komentar oleh michael | Mei 19, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

  • Search & Win
  • Paid To Review

  • Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

