Atasi Rasa Malu


Orang – orang dengan sifat pemalu secara naluri menyimpan kesadaran kalau diri mereka terlewatkan dari orang lain. Sifat pemalu biasanya membuat seseorang kehilangan kesempatan, kurang mendapat kesenangao dan terkucil dari hubungan sosial. Sebenarnya formula dari rasa malu terdiri dari ” terlalu berpusat pada diri sendiri ” dicampur dengan rasa gugup. Dan ada paduan yang lebih tak menyenangkan, yaitu saat rasa malu itu mempengaruhi fisik kamu dengan cara membajak ketenangan logis.
Rasa malu adalah kombinasi dari kegugupan sosial dan pengkondisian sosial. Untuk mengatasi rasa malu ini, yang kamu butuhkan adalah berlajar bersikap rileks dalam pergaulan sosial. Dibutuhkan usaha untuk mengarahkan diri kamu jauh dari terlalu berpusat pada diri sendiri, serta memberi diri kamu ruang untuk mempraktekan kemampuan berbicara.Untuk memulai mengurangi rasa malu, bagi kamu yang pemalu, ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu praktekan.

1. Pikirkan tentang cara kamu merasa dan bertindak di sekitar orang – orang yang telah kamu kenal, dimana kamu bisa bersikap nyaman dan spontan. Alihkan perasaan itu saat kamu bertemu kenalan baru, begitu pula dalam situasi yang dapat membuat rasa percaya diri kamu memudar.
2. Hindari terlalu banyak memikirkan diri kamu sendiri. Tentu saja, kamu boleh sedikit memikirkan tentang bagaimana kamu akan melewatkan perbincangan dengan orang banyak, tapi jika seluruh fokus kamu tercurah pada kata – kata dan perasaan kamu sendiri, selanjutnya kamu akan merasa gugup sendiri.
3. Buat pertanyaan terbuka pada semua orang. Banyak orang yang senang berbicara tentang diri mereka sendiri, dan temukan sebuah topik yang membuat orang lain tertarik.
4. Berhentilah percaya pada imajinasi kamu. Mungkin kamu pernah membuat gambaran tentang sebuah liburan yang menyenangkan dan kenyataanya jauh berbeda dari yang kamu bayangkan.
5. Berhentilah memikirkan segalanya atau bukan apa – apa. Pemikiran pasti begini / pasti begitu tertuang saat kamu mengalami emosi.
6. Nikmati waktu kamu. Hindari mengatakan hal – hal tanpa berfikit terlebih dulu.
7. Gunakan latihan hipnotis. Hipnotis merupakan cara tercepat untuk mengubah tanggapan kamu dalam setiap situasi. Hanya pikirkan bahwa pikirang dan tubuh kamu dalam keadaan rileks, sewaktu bertemu kenalan baru.

Bagi kamu yang mempunyai masalah rasa malu saat bertemu kenalan baru, kamu bisa mencoba tips diatas. Dan semoga setelah itu jadi lebih percaya diri.


One thought on “Atasi Rasa Malu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s