Buang Sampah Sembarangan = Masuk Penjara


Menarik sekali untuk di bahas. Pemerintah Kota (Pemkot) Manado akan menghukum siapa saja yang kedapatan membuang sampah bukan pada tempatnya atau waktunya, selama enam sampai 180 hari kurungan penjara. kata Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Manado, Harold Monareh “Untuk menegakan aturan tersebut pemerintah lewat Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) sudah melakukan pengawasan dimana-mana, jika ada yang tertangkap tangan akan diproses hukum,” .

Menurutnya, aturan mengenai sanksi kurungan badan tersebut ditata dalam Peraturan Daerah (Perda) nomor VII tahun 2006 mengenai pengelolaan sampah di Kota Manado. Kepala Badan Kebersihan dan Pertamanan Manado, Joshua Pangkerego mengatakan sanksi yang dikenakan kepada masyarakat yang melanggar aturan tersebut bukan hanya kurungan badan saja tetapi juga denda membayar uang sebesar Rp 1,5 juta sampai Rp 50 juta. Tergantung besarnya pelanggaran yang di lakukan.

    Dinas Kebersihan dan Pertamanan Manado melakukan berbagai langkah untuk mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan, antara lain dengan menempatkan 11 pasang petugas kebersihan di sejumlah tempat pembuangan sampah (TPS), serta berkoordinasi dengan satuan polisi pamong praja di Manado.      Para petugas berseragam yang ditempatkan di dekat TPS tersebut akan mengawasi siapa saja yang membuang sampah bukan waktunya dan mengingatkan warga untuk menyimpan sementara sampah tersebut untuk dibuang pada waktunya yakni pukul 18.00 Wita sampai 06.00 Wita.      Para petugas tersebut akan bekerja di TPS-TPS di Manado selama empat jam, mereka juga akan bekerja memeriksa seluruh TPS di Manado untuk mencegah masyarakat membuang sampah sembarangan.

Ayo siapa yang mau masuk bui, tiketnya gampang kok.. Mungkin inisalah satu cara pemerintah manado untuk menjaga kebersihan. Bagaimana kalau peraturan ini di berlakukan di ibukota (jakarta) mungkin penjara akan di penuhi dengan para pelanggar kebrsihan. Jagalah kebersihan lingkungan kita dan badan kita mulai dari sekarang. Termasuk keberihan hati kita harus di jaga baik – baik.

Sumber : Kompas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s