Kegemukan Menjadi Penyebab Kanker


Perlu Anda ketahui, penyebab pertama kanker bagi orang yang bukan perokok adalah kegemukan! Para peneliti telah memperingatkan bahwa obesitas akan menjadi penyebab terbesar kanker pada perempuan dalam 10 tahun ke depan. Satu dari dua belas kasus membuktikan, kegemukan menjadi penyebab kanker. Demikian diungkapkan Dr Andrew Renehan, seorang ahli kanker di University of Manchester. Hubungan antara kanker dengan kelebihan berat badan ditemukan sebesar 3,2% pada pria, dan pada wanita sebesar 8,6%.

Kanker kolorektal, kanker payudara pada perempuan menopause, dan kanker endometrikal terhitung 65% dari seluruh kanker yang berhubungan dengan kegemukan. Dr Renehan dari University of Manchester mengatakan, “kemungkinan angka tersebut pada kenyataannya lebih tinggi.” Hal ini mungkin berkenaan dengan interaksi antara merokok, alkohol, berat badan berlebih, dan kondisi yang dinamakan dengan pengaliran kembali asam, namun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sebabnya.

Para ilmuwan belum menemukan alasan spesifik kenapa kegemukan bisa meningkatkan resiko kanker, tapi diduga hal itu berhubungan dengan hormon. Kegemukan meningkatkan estrogen dan hormon lain penyebab kanker payudara. Sedangkan untuk pria, kegemukan dapat menyebabkan kanker usus. Lebih lanjut, seiring orang bertambah gemuk, mereka menghasilkan lebih banyak hormon seperti estrogen yang membantu tumor berkembang. Orang yang memiliki perut buncit juga memiliki lebih banyak asam di dalam perutnya, yang bisa memicu kanker perut, intestin, atau esopagus.

Dr Renehan mengatakan dibutuhkan strategi baru untuk mengatasi obesitas. Hanya menyuruh orang untuk mengurangi berat badan tentu saja tidak berhasil. Dan pada studi kanker lainnya menyebutkan bahwa orang yang menderita kegemukan memiliki kemungkinan terkena serangan kanker 50% lebih tinggi daripada orang yang tidak mengalami kegemukan.

Oleh karena itu, selalu jagalah kesehatan tubuh Anda. Olahragalah secara teratur dan cukup, juga jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi karena Anda sendirilah yang mengerti keadaan tubuh Anda.

SMcyber.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s