Capai Puncak Tertinggi Karier Anda


Berencana untuk menggapai puncak tertinggi karier Anda? Persiapkan diri Anda dengan perlengkapan berikut untuk memastikan kursi di puncak tertinggi itu adalah milik Anda. Perlu dicatat, “bekal” yang dimaksud di sini merupakan kemampuan-kemampuan yang bisa dipelajari dan dipupuk, bukan talenta yang hanya dimiliki segelintir orang.

1. Kemampuan berbicara

Kemampuan untuk berbicara adalah hal yang penting. Entah itu untuk bicara di hadapan direksi, atau hanya tegur-sapa saat bertemu salah satu pejabat perusahaan di lift, kemampuan untuk berbicara dengan siapa pun, kapan pun, adalah hal penting. Kontak mata, perbendaharaan kata, dan kemampuan untuk merangkai bahasa sesuai pendengar Anda adalah hal krusial sebagai pembicara yang baik.

Menjadi seorang pembicara yang baik akan memposisikan Anda sebagai orang yang dikenang. Berlatihlah untuk menjadi seorang pembicara dengan mengajak siapa pun yang Anda kenal untuk bicara, atau tonton acara debat, diskusi, atau pidato. Hasilnya akan sepadan. Anda akan lebih paham menempatkan diri dalam situasi-situasi tertentu, khususnya acara sosial, dan memiliki kemampuan untuk membangun koneksi lebih baik.

2. Kepercayaan diri untuk membuat keputusan

Seorang pemimpin yang baik adalah orang yang pandai dalam membuat keputusam, dan selalu bisa diandalkan untuk membuat keputusan. Untuk menunjukkan kualitas seorang pemimpin, Anda tak boleh merasa bingung dan plin plan dalam menentukan keputusan. Tak boleh pula bimbang, karena Anda hanya akan berakhir dengan membuat kesalahan, dan hal tersebut lebih parah ketimbang mencoba tapi gagal.

Banyak para profesional yang sudah tahu apa risiko jika mereka melakukan kesalahan dan sudah mempersiapkan perbaikannya. Cobalah untuk belajar mengevaluasi bahwa setiap keputusan yang berbeda memiliki pro dan kontranya. Lalu pilihlah keputusan yang akan membantu Anda mencapai tujuan akhir. Kuncinya adalah memastikan bahwa keputusan sudah dipikirkan masak-masak. Jangan selalu “bermain aman”. Kadang Anda butuh mengambil risiko sesekali, jika memang hal tersebut ada alasannya. Dengan begini, Anda akan menjadi orang yang “terlihat”. Ketika keputusan Anda itu benar, jangan kaget jika hal ini akan menempatkan Anda di posisi yang dikenal.

3. Akuntabilitas

Salah satu bagian terpenting untuk mencapai puncak tertinggi adalah dengan kemauan bertanggung jawab. Baik dalam mengatasi kesuksesan ataupun menghadapi kesalahan. Jika Anda ingin orang lain menghormati Anda, ketahuilah kesalahan Anda ketimbang menyalahkan orang lain atas kesalahan Anda. Setiap orang melakukan kesalahan, namun tes sebenarnya adalah bagaimana reaksi Anda atas hal itu.

Kemampuan dan kemauan untuk mengakui bahwa Anda telah melakukan kesalahan juga adalah sebuah tanda kerendahan hati, dan tak heran jika Anda akan menuai rasa hormat dari bawahan Anda.

4. Tingkah laku positifJangan hanya berkutat pada masalah.

Carilah solusi untuk menghadapi hari-hari yang kurang produktif. Usahakan untuk tetap optimis, dan fokuslah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Ketika Anda bisa membicarakan cara untuk keluar dari permasalahan, maka Anda akan mendorong orang lain merasa lebih nyaman menghadapi masalah.

5. Pembawaan diri

Bukan hanya masalah cara bicara, tapi juga cara Anda mempresentasikan diri. Cara Anda berdandan pun menunjukkan siapa diri Anda. Ketika Anda merasa nyaman dengan apa yang Anda kenakan, termasuk cara berdandan, Anda akan lebih percaya diri. Ketika Anda percaya diri, orang akan lebih mengingat Anda. Masih bingung bagaimana berpakaian yang tepat? Mulailah membuka-buka situs fashion atau majalah-majalah mode untuk referensi.

6. Manajemen waktu

Kemampuan untuk mengontrol segala sesuatu tanpa merasa kewalahan adalah suatu kemampuan yang diperlukan oleh seorang pemimpin. Cobalah untuk mencatat segala sesuatu dengan detail dalam buku harian. Tuliskan tenggat-tenggat waktu pekerjaan, dan perhitungkan pula waktu senggang untuk Anda bisa beristirahat. Dengan begini, pekerjaan Anda akan lebih berkualitas, dan menunjukkan betapa bertanggungjawabnya Anda.

7. Mendeteksi solusi

Kemampuan untuk bisa mencari solusi masalah adalah hal yang dibutuhkan dari seorang pemimpin. Ini merupakan kemampuan tak terlihat yang membedakan seorang dari yang lain. Kemampuan ini harus dilatih dan harus diberitahukan kepada orang. Ketahuilah, ketika Anda sudah memiliki fokus, dan mau berusaha mencapainya tanpa harus melukai siapa pun, Anda bisa menggapainya. Bekal-bekal yang disebutkan di atas ini sebaiknya dimiliki secara keseluruhan, dan jangan hanya berfokus pada satu area saja. Semoga berhasil!

KompasDotCom


2 thoughts on “Capai Puncak Tertinggi Karier Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s