Resolusi Diet Di Tahun Baru


Apakah Anda membuat resolusi untuk mulai diet dan makan sehat di tahun 2010? Jangan mencoba untuk melakukan resolusi itu dalam sehari. Cobalah untuk mulai dari hal-hal kecil dan Anda akan bisa mencapai gol diet Anda, selangkah demi selangkah, dan lihatlah di sepanjang tahun nanti. Mari sejenak kita simak beberapa penjelasan yang sengaja saya kutip dari KompasDotCom dan semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semua.

Berikut panduannya:
1. Perlahan tapi pasti

Anda bisa mencoba untuk menambahkan serat pada pola makan sehari-hari Anda. Entah itu dengan menambahkan menu ikan atau buah segar. Sedikit perubahan pada pola makan akan lebih baik jika dimulai dengan langkah-langkah kecil.

Misal:
– Berjanji untuk menambahkan bahan makanan berserat setiap hari.
– Menetapkan satu hari dalam seminggu sebagai hari “menu ikan”.
– Siapkan sereal whole-grain untuk dijadikan cemilan di sore hari.

2. Air putih

Murah, bebas dari lemak, dan membantu membuat tubuh lepas dari dahaga. Jika saran 8 gelas per hari cukup menyiksa, cobalah dari hal yang kecil:
– Minum satu gelas air putih di pagi hari sebelum Anda menyikat gigi.
– Tergoda untuk meminum soda atau minuman lainnya? Cobalah untuk minum segelas air sebelumnya.
– Coba hitung berapa banyak gelas air putih yang berhasil Anda minum hari ini, lalu berjanji untuk menambah satu gelas di hari selanjutnya.

3. Warna-warni makanan

Makanan berwarna-warni, khususnya buah-buahan dan sayuran mengandung zat yang mampu melawan penyakit, jadi, ketika Anda berbelanja bahan makanan sayuran dan buah-buahan, ingatlah pelangi. Makin banyak warna, makin banyak vitamin yang Anda asup.
– Jadwalkan hari berwarna. Misal, Senin sebagai hari menu berwarna kuning (jagung, apel kuning, dan lainnya), lalu Selasa untuk ungu (buah plum, terung, dan lainnya).
– Variasikan. Cobalah untuk menambah menu buah-buahan atau sayuran baru yang belum pernah Anda coba tiap kali Anda belanja.

4. Lawan keinginan untuk mengemil

Saat Anda sedang menonton DVD di rumah bersama teman-teman, Anda harus mengemil, saat sedang bicara di telepon, Anda mengemil. Apa yang bisa Anda lakukan?
–  Coba siapkan selalu permen mint bebas gula di kantung pakaian Anda, gunakan setiap keinginan untuk mengunyah itu muncul.
– Menyikat gigi. Ada sebagian orang yang mengemil karena ingin menghilangkan bau mulut. Ada baiknya Anda selalu menyiapkan sikat gigi di tas Anda. Selain itu, usai menyikat gigi pun Anda akan merasa tak ingin makan lagi.
– Perhatikan makanan yang akan Anda makan secara seksama. Dengan berpikir, Anda sedikit menahan keinginan untuk mengunyah.
– Sibukkan tangan Anda dengan hal lain.  Entah itu dengan segelas air, segelas teh, atau dengan membersihkan meja.

5. Kumpulkan bala bantuan

Pada suatu waktu, Anda akan butuh bantuan untuk bisa sukses.
– Carilah teman yang memiliki keinginan sama dengan Anda, yang juga memiliki resolusi untuk menurunkan berat badan. Kemudian saling utarakan ide, rencana, dan kesuksesan Anda secara rutin.
– Jauhkan diri dari godaan. Jangan mendekati es krim, keripik, atau soda saat sedang di supermarket. Sesekali melepaskan keinginan untuk mencicipi makanan enak memang tidak salah, asal tidak berulang ataupun berlebihan.
– Pilih-pilih acara. Jika teman-teman Anda mengajak untuk berkumpul, pilihlah acara yang tidak melibatkan makan-makan sebagai tema acaranya.

6. Pelihara kesehatan tubuh

Hal-hal kecil yang dilakukan berulang untuk memanjakan tubuh Anda akan sangat membantu usaha ?Anda. Contoh:
– Bergeraklah selama 30 menit per hari. Entah itu dengan berjalan kaki dengan kecepatan sedang, membersihkan mobil, atau membersihkan rumah. Apa pun itu, asalkan Anda bisa menggerakkan tubuh selama 30 menit tanpa henti dan membuat jantung Anda bekerja lebih keras.
– Lakukan tes yang diperlukan. Cek kolesterol, pap smear, dan cek untuk penyakit-penyakit lainnya yang mungkin saja bisa menghinggap di tubuh Anda.
– Tidur yang cukup. Tidur membantu tubuh dan jiwa terisi lagi dayanya. Cobalah untuk menghadapi stres.

Regards


One thought on “Resolusi Diet Di Tahun Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s