Morning Sickness Terhindar Dari Kanker Payudara


Wanita yang terbiasa mengalami mual muntah di awal kehamilan atau morning sickness, lebih rendah memiliki risiko kanker payudara. Berdasarkan penelitian University Buffalo, AS, perempuan yang mengalami morning sickness selama kehamilan akan lebih rendah memiliki risiko terkena kanker payudara di kemudian hari. Hasil penelitian itu telah dipublikasikan dalam pertemuan tahunan The Society for Epidemiologic Research.

Para peneliti itu melakukan wawancara terhadap 1.001 perempuan berusia 35-79 tahun yang baru saja didiagnosa menderita kanker payudara. Sementara itu, sebanyak 1.917 perempuan lainnya menjadi responden dalam kelompok kontrol. Dari beberapa gangguan kehamilan yang biasa dialami ibu hamil, seperti tekanan darah tinggi, pre-eklamsia, bertambahnya berat badan hingga diabetes, ternyata tidak berpengaruh terhadap kejadian kanker payudara.

Sebaliknya dengan gejala morning sickness, seperti mual-mual, lemas, dan muntah, berkaitan dengan menurunnya risiko kanker payudara hingga 30%. Tingkat gejala dan lamanya seorang ibu hamil mengalami gejala morning sickness diduga akan semakin mengurangi risiko penyakit kanker tersebut. Meskipun hasil ini merupakan kabar gembira bagi ibu hamil yang tengah mengalami morning sickness, namun tim peneliti mengingkatkan bahwa riset ini merupakan studi epidemiologi sehingga hasilnya tidak bisa diartikan secara berlebihan, demikian seperti dilansir dari Healthday.

Regards


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s