Kembangkan Kecerdasan Anak Sejak Dini


Ibu mana yang tak ingin buah hatinya tumbuh menjadi anak yang cerdas? Melihat perkembangan si kecil dari waktu ke waktu lewat tingkah polahnya yang menggemaskan ialah dambaan bagi setiap orang tua. Agar si buah hati tumbuh menjadi anak yang cerdas, para ibu khususnya, perlu mengetahui beberapa hal berikut:

Cukupi nutrisi anak (ASI)

Nutrisi adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi dalam tumbuh kembang anak, terlebih untuk perkembangan otak. Pemberian air susu ibu (ASI) sangat berpengaruh penting pada otak dan kecerdasan anak. Hasil studi para peneliti dari Universitas Colorado, AS pada 126 kakak beradik dari 59 keluarga membuktikan, anak yang mendapat ASI cenderung lebih baik nilai akademisnya dibanding yang tidak mendapat ASI.


Rangsang otak anak

Sejak dini berikan rangsangan atau stimulan pada anak. Rangsangan ini harus diberikan dalam suasana yang menyenangkan. Seperti ketika bermain, sisipi dengan pengetahuan-pengetahuan yang mudah diterima dan diingat anak. Sesuaikan juga dengan umurnya. Misal untuk bayi dengan usia 12-18 bulan, biarkan dia membuat coretan-coretan dengan pensil warna atau menyusun balok mainan dan puzzle. Waktunya juga melatih anak berjalan tanpa pegangan, berjalan mundur, juga meniti tangga.

Melatih kecerdasan emosi, sosial dan spiritual

Marsha Sinetar dalam bukunya ‘Spiritual Intelligence’, mengungkapkan bahwa melalui teladanlah, anak bisa meningkatkan kecerdasan spiritualnya. Orang tua dalam hal ini dituntut untuk dapat memberikan contoh-contoh yang baik dalam perilaku kesehariannya. Sebab, akibat kesibukan, biasanya orang tua mengesampingkan hal ini. Akibatnya kemungkinan anak untuk dapat mengembangkan kecerdasan emosi, sosial dan spiritualnya akan tereduksi. Sentuhan personal, ungkapan apresiasi serta keberadaan seorang ibu dalam pengasuhan seorang anak ialah faktor penting di dalamnya. So, lakukan dan jadilah teladan yang baik bagi buah hati Anda!

Regards


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s